Personal Branding pada logo Alien di Youtube Ria SW

 - Siapa Ria SW?

 

Ketika kita membicarakan Ria SW kita akan membicarakan pengalaman dalam perjalanan berliburnya mulai dari mencari makanan - makanan terbaik di kota itu hingga destinasi wisata yang tidak boleh di lewatkan semua pengalaman perjalanannya ada pada konten youtubenya Ria SW. Penampilan uniknya kerap membuat perhatian dengan gaya K-Popnya yang full colour selain itu  dalam konten youtubenya ria mengekslorasi makanan pedas yang uniknya ria memakan cabai nya terlebih dahulu. Ria juga memiliki teman berupa boneka yang di panggil curut karna beberapa karakter yang di tonjolkan Ria cukup aneh Ria menggambarkan dirinya sesosok Alien. Dari keunikan ini membuat perhatian orang dan dalam kontennya kita akan mendapat pengalaman mulai dari makanan hingga destinasi wisata, dengan karakternya yang unik, sopan, ceria dan semangat yang selalu di munculkan dalam setiap kontennya.

 

 

- Apa itu semiotika?

 

Semiotika merupakan ilmu yang mengkaji soal tanda melalui bahasa, bagaimana tanda itu ada dan apa makna dibalik tanda tersebut. Dalam sebuah kata atau tatanan Bahasa akan dipecah oleh semiotika menjadi beberapa bagian teks sehingga dapat memaknai sebuah tanda dalam Bahasa secara luas. Seperti yang diungkapkan oleh Ferdinan de Saussure ilmu semiotika merupakan ilmu yang mengkaji tentang tanda yang berperan dalam kehidupan social.

 

Saussure memaknai elemen semiotika mulai dari Signifier (Penanda yang merupakan eksistensi dari fisik sebuah tanda) kemudian Signified (Petanda atau makna dibalik tanda dalam hal ini merupakan konsep mental) sehingga dapat menghasilkan signification menjadi realitas yang terjadi yang dihasilkan oleh penanda dan petanda.

 

 

- Peran logo dalam personal branding

 

Citra atau representasi dari sebuah Perusahaan/Brand dapat dilihat dari bagaimana logo yang dimiliki oleh Perusahaan/Brand dari visual yang ditampilkan khalayak dapat mengetahaui identitas perusahaan/brand mulai dari karakter, sifat maupun nilai – nilai filosofis yang menjadi landasan perusahaan/brand. Logo sebagai “tanda” atau symbol dari sebuah entitas (Perusahaan/Brand) yang merepresentasikan keseluruhan entitas ke dalam sebuah logo, dimana perusahaan/brand dapat mengkomunikasikan dengan baik kepada khalayak.

 

Dalam branding sebuah perusahaan/brand haruslah memiliki kesan dan citra yang baik agar konsumen memiliki kepercayaan kepada produk yang ia beli untuk itu sangatlah penting untuk memiliki citra yang baik dalam perusahaan. Logo adalah wajah yang di tampilkan perusahaan untuk mengenalkan identitasnya dimana identitas disini merupakan karakter, sifat dan nilai – nilai dari perusahaan.

 

Dalam penggunaannya ada beberapa spesifikasi logo yang baik, menurut Carter (2005) logo yang baik harus mencakupi beberapa hal, diantaranya:

 

-       Original & Desctintive

Asli, memiliki nilai khas, unik dan memiliki pembeda yang jelas

-       Legible

Mudah dibaca/dilihat meskipun di tempatkan pada berbagai media

-       Simple

Sederhana sehingga mudah diingat dan dimengerti dalam waktu singkat.

-       Memorable

Mudah diingat karena keunikan dan kekhasannya untuk waktu yang lama.

 

Dari hal tersebut logo dalam personal branding dengan citra yang baik sangatlah penting agar khalayak mudah mengingat perusahaan/brand yang dimiliki sehingga kapanpun khalayak atau konsumen yang dituju dapat kenal dan ingat akan produk yang dimiliki.

 

- Bagaimana pendekatan objek dalam semiotika

 

Dalam pendekatannya penulis akan menganalisis objek melalui pendekatan teori Saussure yakni Semiotika. Teori de Saussure merupakan sebuah ilmu dalam pengkajian sebuah makna dari kehidupan, mencari sebuah lambang yang menjadi tanda kemudian memiliki pinanda sebagai alasan kenapa terdapat sebuah tanda sehingga memunculkan makna atau simpulan dalam sebuah kehidupan. Pada Semiotika penulis akan menganalisis dengan melihat tanda – tanda yang muncul pada objek dari tanda tersebut penulis akan melihat adanya pinanda sehingga penulis bisa menyimpulkan makna dari tanda yang ada. Penulis menganalisis objek sebuah logo dari Ria SW dengan melihat sebuah tanda dan pinandanya, penulis juga melihat rekam jejak dari Ria SW dalam menganalisis karakternya dan menghubungkan karakter Ria SW dengan logo yang sering muncul pada setiap karya video Ria SW yang selanjutnya penulis akan menyimpulkan makna dari logo tersebut sebagai personal branding Ria SW.

 

 

- Hubungan identifikasi logo Ria SW dengan pendekatan semiotika


Pendekatan ini dilakukan dengan menganalisis video Youtube Ria SW. Pada video Youtube Ria SW menampilkan perjalanannya dalam meneksplorasi destinasi wisata dan kuliner pada setiap daerah dalam hal ini terlihat sifat yang secara natural tampil pada video Ria. Pada bagian akhir video Ria selalu menampilkan logo yang ditampilkan. 



 

Personal branding atau Branding Image penting dilakukan dalam mengenalkan ataupun mempromosikan sebuah produk. Seperti Ria SW mempromosikan karya yang dimilikinya dan membesarkan namanya ke ranah masyarakat. Beberapa icon Ria Sw seperti Logo nama Channel, Ilustrasi Alien hingga sososk boneka yang ia beri nama Curut ini merupakan tanda dalam mengidentifikasi Ria SW. Dari tanda – tanda tersebut masyarakat dapat mengidentifikasi Ria SW dan mengenal dirinya inilah pinandanya. Menjadi seorang yang dikenal banyak orang bukanlah prihal yang mudah perlu proses dari yang belum ada hingga menjadi sesuatu yang dapat di rasakan. Masyarakat yang telah mengenal Ria menjadi tanda bahwa proses yang ia jalani berbuah hasil. Hasil dari proses yang di jalani Ria dengan membangun citra unik, semangat dan ceria akan menjadi makna dalam perjalanannya sehingga ini dapat menjadi pinanda. Simpulannya setiap proses yang dijalani dengan tekun dan yakin akan membuahkan hasil sebagai harapan yang di tuju.

 

- Rumusan Masalah

1.     Identifikasi karakter dalam personal branding

 

Pada masa ini remaja di Indonesia belum dapat mengenali karakternya, takut dalam menonjolkan karakternya bahkan takut dirinya dapat dilihat dan di kenal orang, melihat sosok Ria SW yang bisa menonjolkan karakter uniknya yang akhirnya berdampak besar bagi memasarkan sebuah produk

 

2.     Pentingnya Etika dan etitud dalam Branding Awerness

 

Saat ini karakter remaja Indonesia sedang merosot dalam segi sopan santun dan terlihat acuh dalam kegiatan yang positive. Ria SW dapat memberikan konten yang membangun nilai - nilai sopan santun dalam bahasa maupun tindakannya. Nilai - nilai positif ini selalu di tunjukkan dalam setiap kontenya dimana terlihat sesosok Ria SW yang Unik namun tetap sopan dan ramah dalam tindakannya membuat citra positive dalam Karakter Ria SW hal ini penting untuk membangun citra positive dalam karakter seseorang.

 

3.     Persfektif karya dalam desain Logo Ria SW

 

Dalam membuat logo branding image Ria SW mengubah sosok alien yang cenderung bersifat negatif menjadi sosok yang menyenagkan dari hal ini kita dapat melihat cara padang ria sw dalam membuat konten kreatif dengan gaya popart dengan warna – warna yang cerah.

 

 

Refrensi :

Carter,    David.  E.  2005.  The  Big  Book  Of  Logo  I,  II,  III.    New  York:    Harper 

Collins.

 


Muhammad Kahfi

202046500096

Comments

Popular posts from this blog

Semiotika dalam Video musik Up & Up - Coldplay

MOTIF SONGKET YANG MENJADI TANDA DARI ASAL MULA SEBUAH KEHIDUPAN